Tujuan

TUJUAN SMP NEGERI 3 SINGOSARI
Dalam jangka empat tahun kedepan (2007– 2011) tujuan yang akan dicapai oleh sekolah ialah

  1. Standar isi kurikulum meliputi :
  • Terwujudnya pengembangan kurikulum SMP Negeri 3 Singosari dengan berbagai jenis muatan kurikulum yang sesuai dengan SNP
  • Terwujudnya penyusunan kalender pendidikan
  • Menghasilkan pengembangan pemetaan KBK untuk semua mata pelajaran
  • Terwujudnya pengembangan silabus dan RPP untuk semua mata pelajaran
  • Tercapainya pengembangan penyusunan beban belajar
  • Tercapainya pengembangan kurikulum Mulok
  • Tercapainya kurikulum pengembangan diri
  • Tercapainya pengembangan kurikulum untuk menuju SBI

2. Standar proses pembelajaran meliputi :

  • Tercapainya pengembangan metode pembelajaran yang inovatif
  • Terwujudnya pengembangan strategi pembelajaran CTL untuk semua mata pelajaran
  • Tersedianya bahan ajar yang inovatif baik secara kualitas maupun kuantitas
  • Tercapainya inovasi sumber pembelajaran baik secara kwalitas maupun kwantitas
  • Terwujudnya peningkatan inovasi pengelolaan kelas.
  • Tercapainya pengembangan dan inovasi model pembelajaran

3. Standar kompetensi lulusan meliputi :

  • Tercapainya pengembangan standar kelulusan atau GSA pada setiap tahun
  • Tercapainya pengembangan standar pencapaian ketuntasan kompetensi pada tiap semester dan atau tahun
  • Tercapainya pengembangan kejuaraan lomba-lomba bidang akademik
  • Tercapainya pengembangan kejuaraan lomba-lomba bidang non akademik

4. Standar pendidik dan Tenaga Kependidikan meliputi :

  • Tercapainya pengembangan atau peningkatan kompetensi pendidik pada aspek profesionalitas
  • Tercapainya pengembangan atau peningkatan kompetensi pendidik pada aspek paedagogik
  • Tercapainya pengembangan atau peningkatan kompetensi pendidik pada aspek sosial
  • Tercapainya pengembangan atau peningkatan kompetensi pendidik pada aspek kepribadian
  • Tercapainya pengembangan atau peningkatan kompetensi tenaga kependidikan di sekolah
  • Tercapainya pengembangan atau peningkatan kompetensi kepala sekolah dan staf sekolah
  • Tercapainya monitoring dan evaluasi oleh kepala sekolah terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
  • Tercapainya peningkatan kwantitas tenaga pendidik dan kependidikan

5. Standar sarana dan prasarana meliputi :

  • Tercapainya pengembangan dan peningkatan serta inovasi media pembelajaran untuk semua mata pelajaran
  • Tercapainya pengembangan dan peningkatan serta inovasi peralatan pembelajaran untuk semua mata pelajaran
  • Tercapainya pengembangan dan peningkatan sarana prasarana pendidikan dan atau pembelajaran
  • Menghasilkan pengembangkan lingkungan belajar yang kondusif
  • Tercapainya pengembangkan peralatan laboratorium computer, IPA, Bahasa, PTD dan lainnya.
  • Menghasilkan jaringan internet untuk peserta didik, pendidik maupun tenaga kependidikan
  • Tercapainya peningkatkan peralatan atau bahan bagi sarpras pendidikan
  • Memenuhi peralatan dan inovasi pusat-pusat sumber belajar

6. Standar pengelolaan sekolah meliputi :

  • Menghasilkan RPS tiap tahun baik untuk jangka pendek, menengah maupun panjang
  • Menghasilkan struktur dan keorganisasian sekolah sesuai kebutuhan sekolah
  • Tercapainya pendayagunaan SDM sekolah dengan cara membuat tupoksi secara jelas
  • Menghasilkan kelengkapan administrasi sekolah
  • Menghasilkan manajemen sekolah berdasar MBS
  • Tercapainya supervisi klinis bagi tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah
  • Tercapainya pastisipasi masarakat melalui pemberdayaan komite sekolah
  • Menghasilkan jaringan informasi akademik diinternal maupun eksternal sekolah
  • Tercapainya jaringan kerja yang efektif dan efisien secara vertical dan horizontal
  • Tercapainya model-model manajemen: POAC, PDCA dan model lainnya untuk pengembangan standar pendidikan
  • Menghasilkan Income Generating Activitis atau unit produksi/usaha di sekolah maupun kerjasama dengan fihak lain dalam rangka menggalang partisipasi masarakat
  • Tercapainya pembuatan laporan kepada berbagai fihak yang relevan baik yang menyangkut bidang akademik non akademik atau manajemen sekolah lainnya.
  • Tercapainya pengadministrasian segala kegiatan akademis maupun non akademis di sekolah

7. Standar pembiayaan meliputi :

  • a. Menghasilkan jalinan kerjasama dengan penyandang dana baik donatur tetap maupun tidak tetap
  • b. Tercapainya penggalangan dana dari berbagai sumber yang didasarkan atas musyawarah dan mufakat dari stakeholder (termasuk Komsek) sesuai koridor peraturan yang berlaku
  • c. Menghasilkan usaha-usaha disekolah atau diluar sekolah sebagai inkam generation activity
  • d. Tercapainya pendayagunaan potensi sekolah dan lingkungan yang menghasilkan keuntungan ekonomi
  • e. Menghasilkan jalinan kerjasama dengan alumni, sponsor khususnya untuk penggalangan dana

8. Standar penilaian pendidikan meliputi :

  • Tercapainya pengembangan perangkat model-model penilaian pembelajaran
  • Tercapainya implementasi model evaluasi pembelajaran: ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, Try out, ujian.
  • Menghasilkan pengembangan instrumen atau perangkat untuk berbagai model evaluasi
  • Menghasilkan pedoman-pedoman evaluasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan atau BSNP
  • Tercapainya lomba-lomba uji coba dan sejenisnya dalam upaya peningkatan standar nilai atau ketuntasan kompetensi
  • Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk melaksanakan penilaian dalam rangka pengembangan perangkat penilaian sampai dengan analisa dan pelaporan hasil belajar peserta didik.
  • Terlaksananya kerjasama dengan pihak lain untuk melaksanakan tes atau uji coba peserta didik secara periodik

9. Program peningkatan ketaqwaan

  • Terlaksananya sholat dhuhur berjama’ah setelah pulang sekolah.
  • Terlaksananya istighosah pada hari jum’at sebelum sholat jum’at.
  • Terlaksananya sholat jum’at disekolah.
  • Terlaksananya kegiatan keagamaan pada peringatan hari hari besar agama.
  • Tercapainya budaya mengucapkan salam bila bertemu guru, sesama teman dan warga sekolah yang lain.
  • Tercapainya budaya sopan santun pada guru, sesama teman dan warga sekolah yang lain.
  • Terlaksananya lomba-lomba keagamaan
  • Terlaksananya eksra kurikuler seni baca Al Qur’an.
  • Terlaksananya berdo’a setiap awal pelajaran.
  • Terlaksananya amalan jum’at setiap hari jum’at.
  • Terlaksananya peningkatan tata tertib sekolah.

10. Unggul dalam Pendidikan Teknologi Dasar ( PTD )

  • Peserta didik Menguasai Teknologi Dasar
  • Peserta didik mampu memilih, merawat dan mempergunakan suatu produk teknologi (Melek Teknologi).
  • Peserta didik mampu menggunakan peralatan teknologi sesuai karateristiknya.
  • Selalu mengutamakan keselamatan kerja ( Savety First ).
  • Peserta didik berani mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah atau perbedaan pendapat yang dapat dipertanggung jawabkan.
  • Lebih siap hidup mandiri dalam lingkungan kehidupan nyata.
%d blogger menyukai ini: